Laman

Kamis, 25 September 2014

Tugas TIK : WC Lokasi Belakang

 Bedasarkan pengamatan saya, WC lokasi belakang adalah salah satu tempat yang memprihatinkan di SMP Pius Bakti Utama Gombong. Dan termasuk dalam kategori tempat yang tak pernah berubah sedikit pun selama  hampir 2,5 tahun saya  bersekolah di SMP Pius. Kualitas air yang terkadang (tetapi lebih sering) banyak kotoran, dan ruang kamar mandi yang kotor, sekaligus WC yang bau   itu merupakan kondisi WC lokasi belakang saat ini.
Jujur, saya  sendiri terkadang merasa jijik pada saat berkunjung ke WC tersebut ketika sedang pelajaran di lokasi belakang. tapi bagaimana pun juga saya tidak bisa buang air di lokasi depan karena letaknya yang jauh dari lokasi belakang. Dan itu semua sempat membuat saya jengkel dan muncul  beberapa pertanyaan yang melintas dipikiran saya, dan berikut pertanyaannya

1. Kenapa tidak pernah ada perbaikan gedung wc lokasi belakang yang gelap , lembab , dan terkesan kotor
2. Kenapa sekolah lebih memilih mengecat tembok yang menurutku masih bisa dimaklumi  dibandingkan         denganWC belakang
3. Apa tidak ada yang merawat sampai seperti ini keadaanya

dan berikut jawaban - jawabn dari para guru tentang pertanyaanku

1. Kenapa tidak pernah ada perbaikan gedung wc lokasi belakang yang gelap, lembab, dan terkesan kotor ?
kalau menurut ramalanku hahah.. dugaanku  maksudnya, mungkin sekolah kurang memperhatikan dan lebih fokus untuk menanggulangi masalah membuang sampah sembarangan di lorong sekolah yang  sekarang sudah hampir bersih. Dan sekolah mungkin juga  tidak tahu bahwa ada hal yang penting yang harus diperhatikan yaitu WC belakanag sekolah. Tetapi ternyata dugaanku salah besar . Mengapa ? karena ternyata sekolah sudah memikirkan kondisi tersebut dan sekarang baru berencana untuk memperbaikinya. Menurut Pak tupar salah satu guru yang mengurus perihal tersebut, " Kami dan tim akan segera mengajukan usul kepada pak Enggar selaku kepala sekolah agar memperbaiki kondisi kamar mandi dan kami berencana untuk memperbaiki dengan minimal  memasang kramik yang lebih cerah warnannya agar terlihat bersih dan jadwal pengurasan bak mandi yang teatur agar air tetap bersih dan terbebas dari jentik - jentik ".

2. kenapa sekolah lebih memilih  mengecat tembok yang masih bisa dimaklumi keadaanya dibandingkan merenovasi WC ?
Menurut pendapat dari pak Agung selaku guru TIK di smp Pius Bakti Utama Gombong mungkin karena biaya yang kurang memadai. kalau mengecat kan lebih murah dibandingkan dengan merenovasi WC. tetapi menurt saya, tidak usah harus di renovasi, cukup dibersihkan, dirawat, dan diberi lampu sudah lebih dari baik dan lebih terlihat bersih.

3. Apa tidak ada yang merawat ?
Sebenarnya ada , yaitu Mas Toni selaku petugas pembantu pelaksana lokasi belakang. Tetapi karena mas Toni yang sibuk dan sering disuruh untuk ke bank, menyerahkan undangan, dsb. Jadi tugasnya membersihkan WC tidak terlaksana.
Saran saya untuk mas Toni, harus bisa mengatur waktunya dan lebih mementingkan yang utama.


Nahh.. petanyaan - pertanyaan yang membuat teman - teman jengkel saat berkunjung ke WC sudah terjawabkan ? Tinggal ditunggu yaa perubahannya..
harapan saya semoga usul saya ini bisa diterima dan di setujui oelh pak Enggar. Sehingga anak - anak menjadi lebih nyaman ketika berada di WC.
alasan saya kenapa usul saya dan beberapa guru berhak untuk diterima karena banyak siswa yang sudah koar - koar atau istilah sopanya menggerutu perihal WC yang berada di lokasi belakang. Tetapi mereka tidak berani untuk berbicara dan mengajukan usul kepada Kepala sekolah dan kondisinya yang sudash memprihatinkan,
jadi usul saya dan beberapa guru mohon dipikirkan ini karena juga merupakn salah satu keprihatinan sekolah kita.
Semoga perbaikan WC lokasi belakang dapat terlaksana dan segera dinikmati oleh warga SMP Pius B.U Gombong. Terimkasihhh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar